Kebakaran Hutan Indonesia

Dari heboh-heboh soal asap kiriman Indonesia beberapa hari ini, berikut beberapa hal yang saya dapet:

  1. Jemuran saya bau sangit walopun udah dijemur di dalem, sisanya belom bisa dicuci karena ya saya gak mau aja bau sangit lagi.
  2. Rumah sumpek karena udah tiga hari gak buka jendela. Tadi akhirnya nekat buka pintu bentar biar udara ganti. Walopun ganti jadi bau sangit -_-“
  3. Saya sama Lemon gak keluar udah empat hari. Untung masih ada stock sayuran, jadi masih bisa masak.
  4. Kepala rasanya berat karena bau sangit terus-terusan. Sumpek pokoknya deh.
  5. Orang-orang sibuk saling nyalahin.
  6. Singapur: Maki-maki Indonesia karena tiap tahun terus-terusan kirimin asep bakaran hutan.
  7. Indonesia: Maki-maki Singapur karena dinilai ribet, cerewet dan gak tau diri. Udah dikasih pasir pantai gratisan (nyolong pulak, katanya -_-) sekarang dikasih asep aja ribut.
  8. Saya? Betek! Ini yang pada ribut yang pada gak ngalamin sih. Jadi gampang banget koar-koar ina inu. Gak enak tauk rasanya. Tetangga lo bakar sampah aja lo pasti ribut gak sih? Coba bayangin ini asepnya sejauh mata memandang. Bayangin deh.

Trus, saya mo cerita dulu ya soal hutan-hutanan ini. Tar simpulin sendiri deh, mau bersikap gimana. As Indonesian, saya malu, aslik! Walaupun udah di release kan tuh nama-nama perusahaan Singapur dan Malaysia yang emang ngebakarin hutan, walopun masih harus dikaji lagi, tapi menurut berita ini kebakaran memang terjadi di kawasan perusahaan yang dipunya Singapura dan Malaysia. Tapi saya malu sama pemerintah Indonesia. Action pemerintah nya itu loh. Ngebandingin komen dari Agung Laksono sama PM Lee, hih, njomplang. Ketauan levelnya di mana.

Oke, saya mau cerita soal hutan Indonesia ya. Tapi di Kalimantan nih, bukan di Sumatera. Ini sedikit banget yang saya tau (Rin, anyone di kantor, kalo ada salah salah koreksi yee) Pernah kerja sebentar di salah satu NGO yang punya pusat rehabilitasi orangutan terbesar sedunia.

Menurut UU No. 5 tahun 1990, orangutan adalah satwa liar yang DILINDUNGI negara. Menurut IUCN, orangutan udah termasuk satwa yang hampir punah. Udah jelas ya dasarnya ya. Tapi apa yang terjadi? Mereka habis dibabat sana sini. Terpaksa harus keluar dari habitatnya karena hutan tempatnya tinggal dialihfungsikan jadi perkebunan kelapa sawit atau lahan pertambangan. Pernah denger dong ya soal pembantaian orangutan di Kalimantan? Kita termasuk beruntung tuh kasus itu di blow-up media. Jadi bisa lebih mudah meningkatkan awareness dan sedikit dapet donasi dari dalam negri. Selama ini funder nya dari luar negri soalnya. Gak ada yang peduli di dalam negri. Sedih yaaa.

Trus kenapa kita butuh donasi? Buat apa uangnya? Jadi, pusat rehabilitasi kita (Kalteng dan Kaltim) udah dihuni lebih dari 850 orangutan. Orangutan ini dateng dari macem-macem jalur. Ada yang di sita dari masyarakat (gak boleh lho, keeping orangutan as a pet, ada UU nya), ada yang ditemuin sama masyarakat sekitar dalam keadaan memprihatinkan (sakit, luka, kebakar), ada yang sengaja diserahkan ke kita karena mengganggu hunian mereka (ya gimana, konflik OU sama manusia gak bisa dihindarin soalnya kan si OU nya butuh cari makan, tempatnya di abisin, ya jadinya ‘nyuri’ lah dari pekarangan warga). Nah, orangutan yang ada di pusat rehabilitasi ini gak serta merta bisa langsung dilepasliarkan. Kenapa?

  • Kalo dia masih bayi, dia harus ‘sekolah’ dulu untuk bisa dapet basic survival skills untuk hidup di hutan yang sesungguhnya. Bayi orangutan itu kayak bayi manusia. Dia akan terus bersama ibunya sampai umur 5 tahun. Diajarin cari makan, diajarin bikin sarang, gimana swinging between trees, ngenalin predator, dll. Nah, kalo ada kasus Ibu orangutan nya mati, ninggalin anaknya, ya si anak ini harus ‘sekolah’ dulu. Kita keep mereka dulu, sampai ‘lulus’ baru kemudian dilepasliarkan. Selama hidup di pusat reintroduksi, butuh makan dong dia? Beli makan pake apa? Duit. Pinter!
  • Let’s say, orangutan yang kita temuin ini udah dewasa. Bisa dong langsung dilepasliarin. Unfortunately, not! Hutan yang layak kagak ada! Serius! Gak. Ada! Nyari hutan yang cocok buat habitat orangutan ini susah banget sekarang. Banyak hal yang musti diteliti dulu sebelum memutuskan untuk naroh orangutan di situ. Soal landscape nya, soal sumber makanan, soal predator, banyak. Untuk nunggu ada hutan yang sesuai, ya dimana lagi kalo bukan harus nunggu giliran dan hidup di pusat reintroduksi. Butuh makan dong? Beli makan pake apa? Duit. Pinter!

Trus, dibantu gak sama pemerintah? Unfortunately, not much.

Ngomong-ngomong soal pelepasliaran orangutan, Presiden SBY kita yang tercinta pernah bertitah begini: ” all eligible orangutans in rehabilitation centers should be released by 2015, and this has been validated by all levels of government, including the provincial and regency levels.” – Climate Change Conference, Bali, 2007.

Catet ya, kalo perlu print, laminating, tempel di dompet biar ingat setiap saat.

Kenyataanya?

  • Proses pelepasliaran orangutan itu butuh biaya yang gak sedikit. Untuk bisa nembus ke remote area mindahin mereka, gak bisa pake truk doang, animal welfare kan yang utama. Musti pake heli. Berapa coba sewa heli aja?
  • Setelah dilepasliarkan, gak dilepasin dan dicuekin gitu aja. Harus ada beberapa kelompok Post Release Monitoring Team yang harus memonitor kondisi orangutan paling enggak 6 bulan di lapangan. Gak lucu kan kalo abis dilepasliarin trus ternyata dibunuh orang? Atau dia mati karena gak bisa adaptasi? *amit-amit*. PRM ini dibayar dong? Butuh duit dong?
  • Masalah utama: Hutannya gak ada. Hutan kita udah semakin habis karena deforestasi. Kita baru punya dua hutan yang masuk syarat sebagai lokasi pelepasliaran. Satu di Kalimantan Tengah, satunya di Kalimantan Timur. Kan minimal harus punya dua, pusat reintroduksinya kan juga ada dua. Dan orangutan kalteng gak bisa dilepasliarin di kaltim, and vice versa. Di Kalteng ada di Hutan Lindung Bukit Batikap. Untungnya hutan lindung ya, dikasih gratis sama pemerintah. Yang di Kaltim? Ini dia, wasalam. Kita musti sewa hutan seluas 86 ribu ha, dengan biaya hampir 14 M untuk masa sewa 60 tahun saja. Iya. Sewa. Can you think about it? Orangutan punya pemerintah, yang inisiatif nyelametin bukan orang kita, disuruh bayar pula!
  • Dengan kondisi begitu, dan kenyataan bahwa Indonesia terus-terusan ngejual lahan buat dialihfungsikan dan seakan tutup mata dengan praktek land clearing yang menyimpang, siapa yang salah sekarang?
  • Trus apa kabar tahun 2015 (kalo gak salah sekarang mundur jadi 2017), apa kabar itu pak SBY? Dadah babay!
  • Kenapa orangutan musti diselametin? Because they are an umbrella species. Apakah itu: “Orangutans are referred to as an ‘umbrella’ species as its home range and habitat requirements are large enough that when protected, many other species will also be protected. Their disappearance may very well contribute to the loss of thousands of other species of plants and animals within their rainforest ecosystem.”

Now let’s move to the hot topic. Asap kiriman Sumatera.

Singapur itu udaranya bersih. Saya ngupil gak pernah item, gitu aja deh perumpamaanya. Jadi ketika ada asep dikit aja, langsung kerasa. Ketika PSI di Singapur kemaren ‘baru’ mencapai 110, di Dumai dikabarkan udah mencapai 400. Hari ini, PSI udah mencapai 400, di Dumai dan sekitarnya udah 1000 katanya. Bisa bayangin gak gimana mualnya itu?

Sebagai orang Indonesia yang tinggal di Singapur, kalo ada kasus asep gini, pasti deh langsung pengen pura-pura jadi Pinoy aja. Jadi kalo ada yang nanya ‘are you Pinoy?’ langsung pengen saya jawab ‘YES, UNCLE!’. Jujur, malu. Orang di sini nyalahin Indonesia soalnya. Gak keitung berapa banyak meme meme yang beredar secara viral di internet tentang kebodohan Indonesia. Jiwa nasionalisme saya yang udah tinggal dikit sih memang, langsung bergejolak *alah*. Kemaren-kemaren, masih bisa bilang: Yaudahlah Sing, Singapur, wong yang bakar hutan juga perusahaan ente, gimana dong?. Beberapa artikel yang menjelaskan soal drama asep ini pun juga menyudutkan Singapura dan Malaysia, sebagai pemilik perusahaan-perusahaan kelapa sawit yang melakukan ilegal land clearing di Indonesia. Baca ini deh. Artikel ini masih relevan, walaupun udah setahun yang lalu.

Mulai deh tuh orang-orang (yang bikin sedih ada beberapa temen yang juga bilang begitu), pada mulai bilang hal-hal yang menyudutkan Singapur. Diantaranya:

    • Kita melebih-lebihkan. Drama lah katanya. Yeah right, you go here first lah, sit in front of Merlion for an hour without mask and see if you and YOUR KID can handle it.
    • Makan tuh Singapur, pasir, koruptor, money laundering, turis aja mau dicuri, sekarang dikasih asep protes. Lah? Apa hubungannya, sih?
    • Singapur gak usah protes lah, wong yang ngebakar hutan juga perusahaan Singapur!

Now let me show you this…

Dari beberapa pernyataan ini itu soal asep, kita bandingin beberapa pernyataan government Singapur sama Indonesia kita tercinta ya.

  • PM. Lee soal beberapa pernyataan soal perusahaan Singapur who did the ilegal land clearing:
  • PM Lee mencoba menenangkan warga:

Apa yang dilakukan pemerintah Singapur buat warganya termasuk ngasih subsidi buat biaya rumah sakit untuk kasus-kasus karena asap kiriman ini. Kemaren pemerintah Singapur dateng ke Indonesia buat ngomongin masalah ini yang dijawab sama Agung Laksono dengan:

First, behaving like a child? Pak Agung nih, coba kesini deh, ngirup asep bikin pusing mual, trus kita komplain, itu termasuk behaving like a child? Second, ‘it’s nature’? Itu bukannya dibakar ya? bukan kebakaran. Terlepas ternyata yang ngebakar itu adalah perusahaan Singapur dan Malaysia (update 22 June: baru di release 2 nama perusahaan, hayo, perusahaan Sungapur bukan tuh?) ini pemerintahnya udah dateng dan mau ngurus lho. Kok malah dibilangin gitu? Pake ditambahin pulak: Kita cuma ngasih ijin, tapi lahan mau diapain sama yang punya perusahaan ya terserah mereka.

Itu gimana mau nanggepinnya? Jual hutan gila-gilaan aja udah salah, ngebiarin ilegal land clearing dan tutup mata sama itu semua, kok bisa? Mau komentar apa lagi cobak? Speechless ya.

Now, let’s see apa yang udah dilakukan pemerintah Indonesia buat RAKYATNYA SENDIRI yang ada di Sumatera sana. Dengan PSI super tinggi, sangat bahaya untuk kesehatan, pemerintahnya care gak? Enggak. Sampe sekarang saya gak nemu berita soal penanganan di dalam negri kecuali usaha memadamkan api kebakaran (yg so far, gak maksimal) dan bikin hujan buatan itu. Lainnya enggak. Pak Beye juga gak tanggepin apa-apa kecuali prihatin. Duh saya juga jadi prihatin. Please send me some kalo ada yang punya beritanya ya.

Tapi membaca ulang cerita soal orangutan dan hutan di atas tadi, rasanya ya gak kaget ya kalo pemerintah indonesia gak segitu care nya sama rakyat sendiri. Temen saya di Batam, PSI juga tinggi, listrik mati 4 kali sehari pulak. Yang di pusat kebakaran, gimana? Anak-anak? Perempuan? Lansia?

Now, chill!

Saya males banget bacain komentar-komentar miring dari temen-temen negri sendiri soal Singapur. Not because I live here and loving it, tapi karena yaampun, lo coba liat dulu kenyataanya, senyebelin nyebelinnya perusahaan Singapur yang ngebakarin hutan kita (kalo pun itu terbukti) apa yang udah dilakukan sama pemerintah Indonesia sendiri? Gak usah mikirin rakyat negara tetangga deh, rakyatnya sendiri, udah dipikirin belom? Jangan cuci tangan dengan dalih: cuma kasih ijin. Gitu doang?

In short, yuk kita liat dulu kelakuan kita kayak apa sebelum nyalahin orang. Gitu lhoooo. Gimana?

Yang paling epic dari drama saling tuding antar petinggi negara, ini komentar PM Lee soal pernyataan Agung Laksono yang bilang Singaporean behaving like a child:

Dengan bahasa bences: Gak penting cyiiin ngerespon komentar begituan!

Yiuk!

Sebagai penutup, saya cuma mau bilang ke semua orang, Singaporean, Malaysian, Indonesian, yang saling menyalahkan:

  • Minyak Sawit itu komoditi yang populer sekarang ini. Saya, elo, kita semua masih pake minyak sawit. Di bahan makanan sampe kosmetik. Means, kita semua masih butuh minyak sawit. Gak bisa dimusuhin juga perkebunan minyak sawit ini. Tapiiii, lebih baik tau kalo kita bisa lho ngeganti beberapa kebutuhan kita dengan yang free minyak sawit, itung-itung mengurangi demand lah. Buat yang punya oil palm plantation pun, kan ada BMP tuh, di maksimalin aja, sebisa mungkin minimum efek nya ke alam. Saya yakin tiap perusahaan punya kan? Regulasi pemerintah juga musti diperketat, ya gak sih?
  • Yuk ah, berhenti saling menyalahkan. Berhenti saling nyinyir di media sosial. Kita semua gak ngerti apa yang BENAR-BENAR terjadi di tingkat pemerintahan sana. Ada deal apa, ada isu politik apa bla bla bla. Sebagai konsumen dan rakyat, yuk ah gak usah saling hasut dan menyalahkan. Udara udah gerah, gak usah ditambah gerah, bisa?
  • Buat yang masih pada ribut soal ini itu salah ini salah itu bla bla bla, mendingan ke rumah saya, bantu saya mikirin gimana supaya cucian saya gak bau sangit padahal udah dijemur di dalem? Setuju ya?

Zen! Zen! Minum air putih!

Update: ini artikel yang ditulis sama 2 bos saya tahun 2010 mengenai Kelapa Sawit, mudah-mudahan lebih membuka mata kita bahwa kondisi hutan kita udah amburadul dari dulu.