Nickname Y!M Pertama Kamu Apa?

Kalo ngeliat anak jaman sekarang dengan bahasa aneh-aneh, sebetulnya kita sadar gak sih kalo dulu kita juga sempet begitu? Well, saya sih gak sampe nulis ‘katanya’ jadi ‘katax’ sih ya, cuman kayaknya jaman kuliah pernah deh nulis pake huruf gede kecil *tutup muka*. Kuliah semester awal ya. Ih, malu banget kalo keingetan. Nongkrong di warnet, update profile friendster pake hiasan-hiasan yang blink-blink itu loh. Trus biar keliatan anak non mainstream, lagu-lagu dan film fav nya di isi lagu-lagu yang gak banyak orang tau. Gaya abis.

Tapi sebetulnya, perkenalan saya sama internet udah sejak SMA. Berdua sama Eryka, kami sering berjam-jam ngabisin honor siaran di salah satu warnet terkemuka di kota kecil kami, Magelang. Ngapain? Chatting lah, pake mIRC. Hahahahaha. Trus suka ngibul. Kalo di tanyain ‘asl pls’ saya jawabnya ’17 f  bandung’ biar laku. Entah kenapa dulu anak Bandung, cewek, terkenal keren dan populer. Saya lupa sih biasanya ngomongin apa, kayanya sih flirting-flirting ya. Browsing juga gak banyak, palingan kafegaul? kapanlagi.com? Mentok juga cari lirik lagu favorit aja. Oh, punya email juga di hotmail kalo gak salah, tapi ya gak ada isinya juga sik HAHAHAH.

Pas udah kuliah, lebih sering lagi ke warnet. Aksesnya gampang banget karena saya kuliah di Jogja. Warnet bertebaran di sana sini dengan harga sewa per jam yang murah. mIRC udah gak begitu populer. Tergantikan sama Yahoo!Messenger. Udah paling keren lah punya email yahoo sekaligus bisa buat id chat.

Suatu hari di siang yang panas sepulang kuliah. Saya jalan ke warnet seperti biasa, untuk browsing dan ngerjain tugas kuliah. Saya inget banget tuh, siang itu sangat menggebu-gebu karena mau bikin akun Friendster. Perlu email dong ya? Akhirnya saya bikin yahoo mail. Namanya? Aduh, jangan di tanya deh, malu! HAHAH.

Well, oke, saya kasih hints nya aja ya. Alamat email pertama saya terdiri dari dua suku kata, ada underscore nya di antaranya, campuran dari huruf dan angka. Merk  kaos distro terkenal dari Bandung. Kenapa saya pilih itu? Simply karena saya lagi pake kaos itu, LOL. Gak kreatip ya. Passwordnya aja nama minuman yang lagi saya minum. Aslik, ngasal abis!

Bertahun-tahun saya pake alamat itu untuk nick YM juga. Ya wong isinya temen-temen sendiri, jadi saya gak merasa perlu untuk ganti dengan yang lebih serius. Bahkan buat ngelamar OJT di salah satu Kedutaaan Besar salah satu negara. Untung yang nerima lamaran gak keburu ilfil liat alamat email saya. Syukur kepada Tuhan yang Maha Esa, kekhilafan itu berhenti sampai di situ, sejak itu saya mulai bikin alamat email yang serius untuk kepentingan lamaran kerja dan lain-lain.

Ketika saya mulai kerja di Banda Aceh, saya mulai bikin account YM baru dengan nama yang lebih formal dan alamat email di gmail. Malu bok kalo ditanya sama rekan kerja atau anak buah bos. Tahun itu, selesailah perjalanan alamat email dan nick YM alay saya.

Untung juga saya gak pernah bikin alamat email dengan embel-embel ‘cute’, ‘maniezt’ atauuuu, gabungan nama saya sama nama pacar, seperti yang dilakukan oleh….suami saya pemirsaaaa. *Sayang, plis jangan timpuk aku*

Kembali ke masa-masa akhir jaman kuliah, dimana suatu hari ada friend request di Friendster dari seorang teman lama, disertai dengan message yang isinya puisi mendayu-dayu. Turned out itu adalah teman SMP yang aslik dulu saya benci setengah mati karena kerjaanya ngegangguiiin terus *tapi kok ya sekarang musti tidur bareng terus sama dia*. Setelah intents ngobrol via message di Friendster, kami akhirnya tuker-tukeran alamat YM. Waktu dia add, agak menggelitik sih sebenernya, karena ada dua nama di situ. Tapi ya namapun gengsi ya bok, gak nanya lah saya!

Ternyata satu nama asing yang ada di alamat YM nya adalah nama mantan pacarnya. Saya sama sekali gak pernah bermasalah sama itu sebenernya, cuman kalo dipikir sekarang kok rada aneh. Ada gitu orang yang lagi PDKT, sering chattingan tapi alamat YM nya adalah gabungan namanya dan nama mantannya. Mbok move on to ya XD

Sampe akhirnya kita pacaran, alamat YM nya tetep itu. Saya juga gak pernah minta dia ganti atau bikin baru. Tapi rada aneh aja kalo tiap chatting *maklum ya LDR, jadi seringnya cuma pacaran dunia maya :p* trus dia mengombal dengan kata-kata cinta dan rindu segunung tapi kalo ngeliat nick YM nya, namanya sama nama mantannya, pake embel-embel ‘loveme’ pulak! LOL LOL LOL.

Tadinya saya gak pernah terganggu, apalah arti nick YM doang. Wong sampe sekarang aja saya masih sering cerita-cerita soal masa lalu. Mantannya siapa aja, pernah naksir siapa, dulu putusnya kenapa, pacarannya gimana (UHUK! Detail), lengkap deh. Kelainan kali ya saya, seneng bener dnegerin cerita-cerita cintanya di masa lalu. Para mbak mantan dan mantan gebetan, maaf ya, estri ini tau detil mengenai segala sesuatu. Maapkan hihihi. Ya kan yang lalu ya sudah berlalu, selama dia emang udah gak ada rasa apa-apa ya apapun yang kejadian di masa lalu gak akan merubah apa yang udah kejadian sekarang. Mendadak bijak.

Sampai akhirnya suatu hari saya iseng nanya, dia pernah gak sih malu sama nick YM itu. Kan udah sama-sama kerja nih, nick YM dipake juga untuk kepentingan kerja. More about that, pernah gak sih dia kepikiran kalo mungkiiin, mungkin aja nih ya, mantannya berpikiran ‘ih dia masih pake nick itu, gak bisa move on kayanya mas nya’. HAHAHAH.

Saat itu juga dia bikin nick YM baru karena gak mau dikirain gak bisa move on. Ciyeee. Selama ini dia gak pernah kepikiran itu. laki-laki yaaa, suka mikir ringkes aja. Tapi katanya emang malu sih kalo ada rekan kerja atau client yang nanya nick YM untuk keperluan kantor trus dia musti nyebutin nick nya itu. Tapi selama ini ya gak dianggep as an important matter aja. Menurutnya, it’s just a nickname, gak ada hubungannya sama perasaanya. Tapi begitu saya kasih tau soal kemungkinan orang lain/mantannya berpikiran kayak gitu, langsung dia ganti hihihihi.

Peace.

Saya jadi mikir, nanti ketika Lemon gede, pasti kemajuan tekhnologi udah semakin pesat ya. Pasti suatu saat dia akan punya alamat email atau nama-nama akun media sosial. Pengalaman ini akan saya turunkan ke Lemon. Supaya dia gak sembarangan bikin nick karena itu akan mempengaruhi kehidupannya kelak. Minimal, dia gak akan di ceng-ceng in sama suaminya kelak soal nick cheesy berbau-bau cinta monyet, like what happened to her Dad! *salim*

Eh tapi jadi pengen tau nih, pada pernah punya nickname ‘alay’ gitu gak sih?

 

  1. Le Bapak June 26, 2013 at 4:41 am

    Heeeeeeeh,siapa yang kerjaannya ngegaulin terus?

    1. misskepik June 26, 2013 at 4:46 am

      ngaco kaaan

  2. Anya June 26, 2013 at 4:53 am

    anakayamkuning, sejak awal punya email sampe sekarang. Ampe temen2 lama gw masih suka ceng2in gw dengan nama ini, dan waktu kuliah pernah dapet email gelap dari anakayamhitam. Sekarang kalau ketemu temen lama pasti nanyanya, “Eh anak ayam udah jadi ibu ayam nih sekarang… ”
    Tapi untung ya ga pake maniez, imuth, atau gorgeous jeng… Tanya Rani deh, dulu dia id yahoo messengernya apa.. Hihihihikkk!!!

    1. misskepik June 26, 2013 at 7:26 am

      Bok, gue baru sadar. Anak ayam kan emang kuning (well dan item sih) kalo pink, di pilox pastiii

  3. Rani June 26, 2013 at 4:56 am

    gue dooooongg… rhanie_chant1que! hahaha, dan gibliknya lagi itu account yahoo gue pake buat imel2an ama dosen guru besar di malaysia pas lagi S2.

    gue bilang, “maaf prof saya punya account yahoo tapi namanya cheesy abis.” dia bilang gapapa tapi pas gue kasih tau dia senyum2 gimanaaaa gitu.. rasanya muka gue pgn gue pindah ke pant*t aja saking malunya XD

    1. misskepik June 26, 2013 at 4:59 am

      LOL LOL LOL
      Gue baru mau nyolek elo karena komen Anya, taunya udah menyerahkan diri!

      Ciyeee Rani cantique!

      LOL LOL LOL

      Gue ngakak beneran!

      1. Rani June 27, 2013 at 2:35 am

        gibliiiiiikkk… pantes gue kemaren gatel2 pant*t merasa terpanggil buat komen disini. ternyata tersebut oleh si anakayamkuning toh, huahahahahaha…

        btw itu akun yahoo gue udah tak pernah tersentuh lagi. malu sama umur, huikikikik…

  4. chavalene June 26, 2013 at 5:04 am

    diva13, diva_araulia puassss kau puaaassss…. sialaaann kenapa Skype itu ga bs ganti ID siiiikkkkkkk terjebak bencong pake holic holic malu aku maluuuu sama kolegaaaaaaaa zzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzz

    1. misskepik June 26, 2013 at 5:06 am

      Mampuuus! Hahahahah!

      Untung pas bikin skype gue udah bertaubat! :)))

  5. syahtex June 26, 2013 at 5:27 am

    Pertama kali kenal internet, ke warnet bertiga ama ajeng ama petra di warnet pecinan deket sma… *ingatanku bagus jg yaaaa…. wkwk

    1. misskepik June 26, 2013 at 5:32 am

      Iyaaa hahaha. SpyderNet kalo gak salah namanya :))

  6. lalla June 26, 2013 at 5:47 am

    moderndarling00 ; ketika jadi korban The Upstairs jaman SMA. baru pas kuliah insap ganti email pake nama :))))

    1. misskepik June 26, 2013 at 5:49 am

      Eh kayanya dulu juga pernah pake moderndarling deh, dimana ya, aduh! :))

      1. Lalla June 26, 2013 at 9:21 am

        Eh aku baru inget deng knp ganti username yahoo. Gara2 awal kuliah aku kan Nidjiholic banget gimana gitu ya, trus tiap chat ama nidjiholic lainnya (HAHAHA) sama pernah ama si giring ditanyain “sebenernya kamu nijiholik apa modern darling sih” langsung bikin baru :))))

        1. misskepik June 26, 2013 at 9:50 am

          Yaampun laaak! Totalitas!

  7. e.r.l.i.a June 26, 2013 at 6:43 am

    akuh pake ej_marteen. e for erlia, j for jacques (villeneuve), marteen for ricky martin *jedutin kepala*. pernah juga pake ‘patroness_of_paris’ gegara nama babtis gue.

    tapi ya, kalo nulis gede kecil sih sampe sekarang gue masih loh jeng. udah jadi kebiasaan, huahahahahaah. terutama huruf N sama R :))

    1. misskepik June 26, 2013 at 7:14 am

      Tapi kan gede kecilnya bukan yang: hAi eRLia, aPa kHabBarX?

      Gitu kan errr?

      *siap siap gak kenal lagi :))

      1. e.r.l.i.a June 26, 2013 at 7:30 am

        errrr…yang pas eRLia-nya sih bener banget tuh jeng, huahahahahahahahahahahahahahah

        *gelendotan ke ajeng*

        1. misskepik June 26, 2013 at 7:31 am

          Oh, No! Dex, mamakmu, Dex!

  8. De June 26, 2013 at 11:33 am

    gw paling gak kreatip kalo bikin nickname.

    pertama pake YM tahun 1996, ID nya: dekretno

    Terus bertahan lebih dari 10 tahun, sampe akhirnya di hacked orang *sigh*.

    Bikin baru lagi 3 tahun lalu: punyade. Eeehhh di hacked lagi aja gitu *pentung*

    Sekarang tetap pake YM juga cuma ngasih angka 2 dibelakang ID terakhir

    Sangat tidak kreatip

    1. misskepik June 26, 2013 at 2:55 pm

      Selamat, mbak! Gak punya jejak jejak yang bisa diketawain di kemudian hari hahahaha

  9. fanny June 26, 2013 at 8:39 pm

    karena gue narsis, selalu pake nama fanny atau inisial.
    inifanny, mail2fanny, veryfanny, sofanny, fanhar..
    gak norak2 banget kan, emang, gue keren ternyata dari dulu .. hihi

    1. misskepik June 27, 2013 at 2:51 am

      iiyaa iyaaa, bunda Eropa keren deeh kereeen *diselepet* XD

  10. sLesTa July 12, 2013 at 6:45 am

    kayaknya emang masalah generasi deh ini. terbukti kan di fanny gak aneh2.. karena seumuran ama gue. soalnya gue juga dari awal ga pernah aneh2 ama nick name. sampe sekarang masih dipake pulak krn emang nama gue.. walopun jadi punya lagi untuk urusan formal dengan nama lengkap, dan satu lagi untuk dunia maya (slesta).

    mungkin juga karena pas jaman2 gue itu internet dan yahoo baru2 dimulai ya, jadi nyari nama sendiri masih gampang. sekarang kan udah ga mungkin.. udah diembat semua, saingan sama yang punya nama sama.. pasaran bok! 😛

  11. Opi July 13, 2013 at 12:28 pm

    Nickname YM dari dulu adalah nama sendiri ditambahin embel-embel ‘nyonya’. Hahahaha!

Comments are closed.